Motif Batik Bengkulu dan Penjelasannya

Batikzone- Bengkulu merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di barat daya pulau sumatra. Provinsi yang terkenal dengan bunga raflesia nya ini memiliki beberapa motif batik yang menjadi ciri khas daerah ini. Motif batik bengkulu banyak di dominasi motif kaligrafi dan beberapa diantaranya di padukan dengan motif bunga raflesia, yang mana bengkulu terkenal sebagai habitat dari bunga ini dan telah lama menjadi simbol provinsi bengkulu. 
Batik bengkulu sering juga di sebut dengan batik besurek, yang dalam bahasa bengkulu berarti kain yang bertulis atau kain yang bermotif tulisan. Karena bermotifkan tulisan kaligrafi yang bernuansa islami, sebagian kain batik asal bengkulu tidak boleh di pergunakan secara sembarangan. Untuk yang bermotif kaligrafi biasanya dipergunakan hanya pada bagian atas tubuh seperti sebagai pengganti selendang, sebagai alas bayi ketika melakukan cukuran pemotongan rambut dan juga dapat dipergunakan sebagai penutup jenazah.

Beberapa motif batik yang ada di provinsi bengkulu :

1. Motif bunga raflesia, motif ini menggambarkan bunga raflesia yang berhabitat di bengkulu.
2. Motif relung kuau, motif ini berbentuk seekor burung yang di susun dari rangkaian huruf kaligrafi.
3. Motif rembulan, motif ini menggambarkan sebuah bulan yang dipadukan dengan huruf-huruf kaligrafi.
4. Motif relung paku, motif ini menggambarkan tumbuhan relung paku yang banyak ditemukan di bengkulu.

motif kaligrafi

Motif bunga raflesia yang di padukan dengan kaligrafi

Motif raflesia yang dipadukan dengan relung paku
Karena merupakan tumbuhan khas bengkulu, bunga raflesia banyak digunakan sebagai corak batik bengkulu dan beberapa diantaranya dipadukan dengan tulisan arab kaligrafi.


Post a Comment

Previous Post Next Post