Batik Sumatra Utara

Batikzone- Sumatra utara merupakan provinsi yang terletak di pulau sumatra, indonesia. Provinsi yang beribukota di Medan ini memiliki beberapa jenis motif batik yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Sumatra utara identik dengan orang batak, meskipun batik bukan merupakan kebudayaan orang batak namun beberapa tahun belakangan batik mulai berkembang di sumatra utara. Pada suku batak di sumatra utara lebih identik dengan kain yang disebut ulos. Ulos merupakan nama lain dari kain yang menjadi sebutan orang-orang sumatra utara. pembuatan ulos sama halnya seperti pembuatan kain songket yaitu menggunakan alat tenun.
Batik yang dimiliki provinsi sumatra utara memiliki motif yang diambil dari keaneka ragaman suku yang ada di sumatra utara. Batik sumatra utara juga sebagian mengambil dari corak kain ulos yang ada di sumatra utara.
Motif batik sumatra utara berbeda dengan motif batik yang ada di pulau jawa atau provinsi-provinsi lain yang biasanya di dominasi dengna motif tumbuhan dan hewan. Motif batik sumatra utara menggambarkan suku di sumatra utara dan mengambil corak pada kain ulos batak yang ada.


sama seperti batik lainnya di provinsi-provinsi di indonesia,batik sumatra utara memiliki dua jenis batik bila di tinjau dari cara pembuatan, yaitu batik tulis dan batik cetak. Batik cetak biasanya di produksi dengan memakan waktu kurang lebih 3 hari sedangkan untuk batik tulis memakan waktu yang lebih lama yaitu antara 7 hingga 9 hari. Batik tulis biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi, hal ini disebabkan kerumitan dan lamanya waktu pembuatan selembar kain batik.
Berikut beberapa nama motif batik yang ada di sumatra utara :

1. Motif hari hara sundung dilangit yang merupakan ciri khas dari suku batak toba
2. Motif pani patunda dari simalungun
3. Motif mataniari  dari batak mandaling
4. Motif Gorga sitompi
5. Motif itik pulang petang
6. Motif semut beriring

Previous
Next Post »