Cara Merawat Kain Batik Yang Baik dan Benar

Zonabatik- Saat ini penggunaan batik semakin populer dan tak mengenal umur pemakainya. Jika dahulu batik lebih di dominasi pemakaiannya oleh para orang tua, maka saat ini kaum remajapun mulai gemar memakai batik. Batik dapat dikenakan di berbagai momen seperti acara pernikahan, syukuran bahkan juga dapat di gunakan sebagai pakaian kerja.serta acara resmi lainnya.
.
Berbeda dari kain ataupun pakaian lainnya, batik harus di beri perawatan khusus agar tetap berada pada kualitas terbaik. Berikut cara merawat kain batik yang baik dan benar agar pakaian batik kamu tetap memiliki warna cemerlang dan tidak luntur:

merawat kain batik
cara merawat kain batik

Jangan Gunakan Deterjen Untuk Mencuci

Untuk membersihkan batik, hindari penggunaan deterjen untuk mencuci kain batik. Penggunaan deterjen justru dapat merusak warna kain batik. Sebagai gantinya gunakanlah sabun khusus batik yang banyak di jual di pasaran. Bila tidak dapat menemukan sabun khusus batik maka dapat menggunakan alternatif lain yaitu Shampo rambut. Ambil Shampo rambut secukupnya lalu campur dengan air serta aduk-aduk hingga merata dan berbusa. Gunakanlah air ini untuk mencuci kain batik anda. Penggunaan sabun khusus batik dapat memperpanjang umur pemakaian baju batik anda.

Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci batik, alangkah baiknya cucilah batik menggunakan tangan secara manual. Kucek-kucek secara lembut kain batik agar struktur motif batik tidak rusak. 

Jangan Memeras Batik Saat Selesai Mencuci

Salah satu proses akhir saat mencuci pakaian adalah memeras pakain hingga semua air yang terkandung di dalamnya keluar. Namun pada saat mencuci batik kebiasaan ini harus di tinggalkan. Jangan sekali kali memeras batik karena dapat merusak kain batik.

Jemur Pada Tempat Yang Tidak Terlalu Panas

Pada proses menjemur batik hindari tempat yang terlalu panas atau jangan sampai batik terkena sinar matahari secara langsung. Alangkah baiknya batik di jemur dalam keadaan terbalik dimana posisi dalam batik berada di luar. Menjemur batik pada tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung dapat menurunkan kualitas warna batik kesayangan anda. batik yang di jemur pada sinarmatahari terus meneurs dapat mengalami penurunan ketajaman warna batik, sehingga motif pakaian batik anda menjadi memudar dan memutih.

Jangan Menyetrika Bagian Luar Batik

Menyetrika batik sebenarnya sangat tidak di anjurkan karena dapat merusak batik, namun bila batik terlihat kusut tentu mau tak mau harus di lakukan penyetrikaan. Tehnik yang baik saat menyetrika batik adalah dengan menyetrika bagian dalam kain batik atau dengan cara melapisi batik menggunakan kain lain, setelah itu barulah di strika.

Post a Comment

Previous Post Next Post