Ini Dia Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap Yang Harus Anda Ketahui

Batikzone- Dalam sejarahnya batik merupakan kain yang hanya di pakai oleh kalangan tertentu seperti para warga keraton dan para bangsawan. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan telah ditinggalkannya pola hidup seperti di zaman kerajaan kuno, kini batik menjadi kain yang di pakai semua kalangan. Pada saat ini pemakaian batik semakin populer, batik mulai di gunakan di banyak momen seperti acara pernikahan, busana untuk kerja serta acara resmi dan non resmi lainnya. Bahkan saat ini di indonesia telah di tetapkan 2 Oktober sebagai hari batik.

Ada 2 jenis pakain batik yang biasa di gunakan oleh banyak orang, yaitu jenis batik tulis dan batik cap. Sepintas kedua jenis ini terkadang sulit di bedakan, khususnya bagi orang awam. Berikut perbedaan batik tulis dan batik cap yang harus anda ketahui :

PERBEDAAN BATIK TULIS DAN BATIK CAP

Perbedaan Pertama, Batik tulis dikerjakan secara manual menggunakan tangan dan di bantu alat yang di sebut canting. Canting ini terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menuliskan batik pada kain. Sedangkan batik cap di buat menggunakan alat cap yang berbentuk lempengan.

Perbedaan Kedua, Gambar pada batik tulis biasanya tembus dan terlihat di kedua sisi kain, sedangkan batik cap tidak tembus.

Perbedaan Kelima, Corak dengan gambar yang sama pada kain batik asli terkadang tidak sama besar antara satu dengan lainnya, hal ini di karenakan di buat secara manual menggunakan tangan, sedangkan corak pada batik cap selalu sama besar dan lebih rapi karena di buat menggunakan alat cap.

Perbedaan Keempat, Pada kain batik asli biasanya mengeluarkan aroma lilin, yang mana lilin di gunakan sebagai bahan pembuat batik, sedangkan batik cap tidak terasa aroma lillin.

Perbedaan Kelima, Harga batik tulis biasanya lebih mahal dari batik cap. Batik tulis dibuat dengan tangan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

1 Comments

Previous Post Next Post