Ini Perbedaan Batik dan Tektil Yang Harus Anda Ketahui

Batikzone- Batik merupakan kain yang menjadi ciri khas bangsa indonesia. Keberadaan kain ini terus di lestarikan dan mengalami trends perkembangan. Perkembangan batik dapat dilihat dari lahirnya corak-corak batik baru yang merupakan hasil kreasi dari batik yang telah ada sebelumnya.

Seiring dengan terus berkembangnya batik, maka muncul kain tekstil yang bermotif mirip batik. Antara batik dan tekstil keduanya merupakan hal yang berbeda. Namun dengan kemunculan tekstil yang memiliki corak batik membuat keduanya terlihat sama. Akibatnya banyak orang yang tidak dapat membedakan mana kain batik asli dan mana kain tekstil yang bercorak mirip batik.

Pengertian Batik :
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Pengertian Tekstil :
Tekstil adalah material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang. Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan cara pressing. Istilah tekstil dalam pemakaiannya sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain. Namun ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya, yang sudah bisa digunakan.
Perbedaan Batik dan Tekstil Secara Fisik 
  1. Batik pada umumnya terbuat dari serat selulosa sedangkan tekstil pada umumnya terbuat dari serat Polyester
  2. Kain batik asli coraknya akan tembus sampai bagian belakang kain sedangkan kain tekstil bercorak batik yang di sablon tidak tembus hingga kebelakang kain.
  3. Pada kain batik asli akan tercium aroma lilin hal ini di sebabkan karena salah satu bahan pembuatan batik adalah lilin, sedangkan kain tekstil tidak akan tercium aroma lilin.
  4. Dari segi harga, kain batik terbilang lebih mahal dari kain tekstil. Hal ini dikarenakan pembuatan corak batik lebih rumit dan membutuhkan waktu berhari-hari.

Post a Comment

Previous Post Next Post