Motif Batik Tulis Jambi dan Penjelasannya

Batikzone- Jambi merupakan sebuah provinsi di indonesia yang terletak di pesisir timur pulau sumatra, indonesia. Provinsi jambi beribukota di jambi. Jambi merupakan tempat berasalnya bangsa melayu. Seperti kota-kota lainnya di indonesia, kota jambi juga memiliki motif batik yang menjadi ciri khasnya. Batik jambi telah ada sejak tahun 1875. pada awalnya batik jambi hanya diperuntukkan bagi kaum bangsawan dan raja melayu jambi. Namun seiring bergulirnya waktu, batik telah menyentuh semua kalangan masyarakat provinsi jambi tanpa mengenal kasta dan tingkatan.
Seiring dengan perkembangan waktu dan zaman, kini batik jambi telah hadir dengan berbagai aneka motif dan hampir seluruh kabupaten dan kota di provinsi jambi memiliki motif yang menjadi ciri khas masing-masing daerah.
Motif batik jambi sebagian besar menggambarkan karakter dan karifan lokal masyarakat melayu jambi. Penggambaran motif batik jambi merupakan representasi watak dan karakter masyarakat provinsi jambi dengan tipikalnya yang sederhana, egalitar dan terbuka terhadap hal-hal yang ada di luarnya. Motif pada batik jambi sangat sederhana, tidak rumit dan cenderung konvensional. Berbeda sekali dengan motif-motif batik dari daerah lain seperti pulau jawa yang cenderung rumit. Kesederhanaan ini mencirikan watak asli masyarakat jambi. Jika ada ditemukan motif batik jambi yang rumit, itu merupakan hasil dari pengembangan motif batik yang sudah ada.

Berikut beberapa motif batik jambi yang paling populer :

1. Motif Batik Durian Pecah
2. Motif Batik Merak Ngeram
3. Motif Batik Kuao Berhias
4. Motif Batik Kapal Sanggat
5. Motif Batik Tampuk Manggis
6. Motif Batik Bungo Keladi
7. Motif Batik Bungo cendawan
8. Motif Batik Kacapiring

Motif batik bungo keladi

Motif batik bungo cendawan

Motif batik Durian Pecah

Motif batik kapal sanggat

Motif batik merak ngeram

Motif batik tampuk manggis
Motif batik kacapiring
Motif batik kuao berhias

Post a Comment

Previous Post Next Post